[Review Anime – Saint Seiya – The Legend of Sanctuary]

saint_seiya_legend_of_sanctuary_bronce_wallpaper_by_saintaldebaran-d7fvtr2

Kalau ngga salah ini tayang juga di Blitz tahun lalu. Cuma karena saya basically bukan penggemar Saint Seiya, jadi saya ngga nonton ini. Baru setelah saya tau bahwa Legend of Sanctuary ini punya sesuatu yang ‘beda’ karena disini filmnya full CG, akhirnya… saya coba juga deh.

Kido Saori mendapatkan kenyataan yang mengejutkan di ulang tahunnya yang ke-16, bahwa ternyata ia adalah reinkarnasi dari dewi Athena.

Seiya, bersama teman-teman Saints perunggunya, Hyuga, Shiryuu, Shun dan Ikki bergerak membawa Saori melewati 12 kuil zodiac menuju Sanctuary untuk mengalahkan Athena palsu yang berada disana dalam 12 jam sebelum kekuatan jahat yang ditanam di dalam tubuh Saori membunuhnya.


Screen Shot 2015-08-26 at 9.45.31 PM
Oh those beautiful details!

Pertama-tama, let’s give a big applause for Toei Animation sudah memberi satu gebrakan di dunia peranimean. Setau saya baru pertama kali ya ada anime yg full CG begini? (cmiiw)

Saya nonton ini berasa lagi nonton trailer game RPG. Detil dari guratan di armor Seiya sampai bulu ketek penjaga kuil Taurus bisa keliatan! Ini serius… Halus banget tanpa harus kehilangan ciri khas gambarnya. Plus poin lagi, ekspresi karakternya pun tidak terganggu hanya karena model animasinya jadi 3D.

Satu-satunya gambar yang tidak sebagus yang lain disini cuma scene kematian Aphrodite.

Contoh karakter yang muncul cuma untuk mati. Seriously… what?

Screen Shot 2015-08-26 at 9.54.31 PM

Apa yang agak disayangkan dari seri ini adalah…. ceritanya. Ya. Ceritanya.

Ini pertama kalinya saya nonton Saint Seiya, inti ceritanya sebenernya cukup menarik, dimana Athena yang asli bersama kawan-kawan melakukan perjalanan ke Sanctuary untuk membasmi dalang dibalik Athena palsu yang ada disana. Salah satu cerita generik yang paling menarik dan memungkinkan banyaknya plot-twist.

Cuma… Saya pribadi merasa pembawaan cerita dan proses perjalanan tim Seiya ini tidak diolah dengan cukup baik. Bahkan saya menemukan beberapa plothole.

Dari scene perkenalan para saintnya pun terkesan tiba-tiba. Terjadi serangan mendadak yang mengarah pada Saori, lalu muncullah seabreg (4 orang) ikemen berarmor yang siap melindungi neng Saori.

Screen Shot 2015-08-26 at 9.55.55 PM
Apa cuma saya yang merasa Seiya mirip Hiro Hamada?

Begitu pula dengan perjalanan melewati ke-12 kuil zodiac. Setiap pertarungannya kurang meninggalkan kesan. Mungkin karena kuil yang dilewati terlalu banyak sementara durasi terus berjalan? Bisa jadi.

Ya… Intinya… Saya kurang terkesan dengan jalan ceritanya. Seandainya bisa diolah dengan lebih tertata dan dibuat lebih intens pasti akan jadi salah satu film animasi Jepang terbaik mengingat animasi CGnya sudah termasuk hebat sekali.


Satu lagi tentang pengolahan karakter.

Satu-satunya karakter perempuan yang saya suka disini cuma… saint Scorpio. Yes. Her. Saya paling gampang jatuh cinta sama karakter wanita yang cool dan strong-willing. Berarmor pula. Duh!

Peran neng Saori disini entah kenapa begitu pasif. Cuma sebagai healer cantik yang digendong-gendong sepanjang 12 kuil. Saya pikir setelah potong rambut dia bakal berubah jadi badass.

Seiya juga, sebagai pemilik sifat paling nyentrik, entah kenapa dia agak kurang terasa hawanya sebagai pemeran utama disini. Tapi ya… balik lagi ke bahasan kedua tadi, seandainya film ini bisa diolah lebih baik lagi…


Verdict!

Is it worth to watch?

It’s a worth to try! Terutama buat kalian yang rada bosen sama style gambar 2D khas animasi Jepang, kalian bisa coba yang satu ini. Saya sih puas dengan animasi full CGnya, bahkan bisa dibilang cukup menutupi kekecewaan saya terhadap storylinenya. Saya lebih anteng ngeliatin bulu ketek saint Taurus.

Leave a Reply

