SARA is A Common Jokes. Right or Wrong?

Tomoko-panics


Kalau biasanya saya bawa pembicaraan tentang per-anime-an, kali ini tidak dulu. Sebetulnya blog ini dirancang sebagai blog pribadi, which mean, sesuatu yang terlintas di kepala saya bisa saja saya jadikan bahan postingan di halaman ini. Seperti sekarang, saya mau membahas sedikit unek-unek tentang… perdebatan kecil saya dengan suatu ‘komunitas’ yang menyebut diri mereka fanpage.

Jadi suatu hari, saya sudah lumayan lama mengikuti fanpage tersebut di laman facebook saya, isinya mostly bercandaan bertema anime mulai dari bercandaan lucu sampai sedikit menyinggung-nyinggung sesuatu yang masih dalam batas “…okelah” dimata saya. Everyone has their own standarts after all.

Kemudian datanglah sebuah posting berupa gambar yang di publikasi oleh seorang admin dari fanpage tersebut yang berkonten agama dibarengi oleh beberapa kata yang tidak baik. /spoiler/

Sebagai orang beragama kayanya cukup wajar kalau saya merasa tersinggung dengan postingan itu. Dan itu jelas sudah memasuki ranah SARA yang… bahkan orang yang ngga lulus SMP pun tahu itu tidak baik.

Dan setelah saya coba ingatkan bahwa yang mereka lakukan itu tidak baik. Ini jawabannya dan beberapa pro commenters.

This is internet. We don’t need etiquette

>2015>never tired debating something like this shit

“HA! Masih ada SJW yang kena low quality bait ini! Wait, ini kan Indo *wahahaintensifies”


Saya tau, banyak kok yang pakai SARA sebagai jokes. Hanya kebetulan mereka yang muncul di depan mata saya. Yang saya tahu apapun bentuk dan maksudnya, rasanya tidak pantas membawa nama agama dengan kata-kata ‘kasar’ seperti itu.

Dan ya… i unlike them instantly. I don’t need those kind of entertainer. Masih sangat banyak hal yang bisa kita angkat sebagai topik untuk meramaikan media sosial. Bercanda itu bebas, tapi tetap beretika.

Jadi yang seperti itu, bisa dibenarkan atau tidak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s