10 Seri Anime Dengan Episode Terpanjang

sazae-san


Beberapa dari kita mungkin sudah terbiasa dengan seri anime yang hanya dengan 10 sampai 25 episode tamat saja sudah cukup. Atau kadang terdengar celotehan orang yang tidak puas dengan belasan episode dan berharap cerita kartun kesayangannya dapat diperpanjang lagi. Tapi tidak jarang juga beberapa penonton anime yang merasa suatu judul anime mempunyai jatah episode terlampau banyak sampai bikin heran ‘ini kartun kapan kelarnya…’

Kali ini, mari kita membahas anime apa saja yang memegang rekor episode terpanjang sampai saat ini.


10. Kochira Katsushikaku Kameari Kouen-mae Hashutsujo (373 Episodes)

Beberapa dari kita mungkin tidak asing dengan cerita si polisi selebor berpangkat rendah yang di tugaskan di daerah Katsushika, Jepang ini.
Pernah tayang di salah satu TV swasta sekitar tahun 2008-2009 dan lebih dikenal dengan sebutan KochiKame.

Diangkat dari manga karya Osamu Akimoto merupakan manga chapter terpanjang yang pernah ada dimulai September 1976 telah memproduksi sekitar 171 jilid.

Di Jepang sendiri KochiKame tayang pada tahun 1996-2008 terdiri dari 373 episode seri, 9 episode spesial, dan 2 film layar lebar.


9. Naruto (629++ Episodes)

Siapa sih yang tidak kenal Naruto? Di Indonesia sendiri seakan kata ‘Naruto’ sudah jadi ikon penggambar definisi ‘kartun’ untuk beberapa ibu-ibu.

Adalah cerita seorang ninja sebatang kara dan suka berbuat onar yang bertekad menjadi ninja hebat dan merebut gelar Hokage di desanya. Season pertama seri ini tayang pada tahun 2002-2007 dengan total 220 episode seri, dilanjutkan dengan Naruto Shippuden dimulai dari tahun 2007-sekarang (409++ episode) belum termasuk 11 episode OVA, dan 11 film layar lebar.

Sampai sekarang, Naruto masih bisa ditonton di stasiun TV swasta versi dub Indonesia.


8. One Piece (692++ Episodes)

Kabarnya, One Piece sendiri berpotensi untuk menghabiskan jatah sampai lebih dari 1500 episode.
Tayang sejak 1999-sekarang, One Piece dibagi menjadi 17 season dan beberapa arc. One Piece adalah anime dengan pendapatan terbesar di industri animasi Jepang. Bahkan manganya terjual 230 juta jilid di seluruh dunia dimana jilid ke-61 terjual 3,8 juta jilid menjadikannya manga dengan penjualan tertinggi di dunia.

Total episode yang dimiliki anime yang bercerita tentang kehidupan sekelompok bajak laut ini adalah 692++ episode seri, 8 episode spesial, 3 episode OVA, dan 12 film layar lebar.


7. Detective Conan (781++ Episodes)

Pernah beberapa tahun tayang di salah satu TV swasta nasional, Detective Conan menjadi pilihan untuk beberapa pecinta anime bergenre misteri dan penuh teka-teki kasus.

Bercerita tentang Shinichi Kudou, seorang detektif SMA yang secara mendadak tubuhnya mengecil karena sebuah racun. Terpaksa ia harus melanjutkan pekerjaannya sebagai seorang detektif dengan tubuh anak-anak yang lebih dikenal dengan nama Conan Edogawa.

Sejak 1996-sekarang, Detective Conan kini telah menayangkan 781++ episode seri, 6 episode spesial, 12 episode OVA, dan 19 film layar lebar yang muncul setiap tahunnya ditambah 1 film layar lebar spesial bertajuk Lupin III vs Detective Conan : The Movie,


6. Crayon Shin-chan (856++ Episodes)

Sebagian dari kita pasti sudah kenal sekali kelakuan anak TK yang ngga gede-gede petakilannya minta ampun ini. Juga pernah tayang di salah satu stasiun TV swasta beberapa tahun kebelakang.

Tayang perdana pada tahun 1992, walaupun sang pengarang aslinya meninggal di tahun 2009 lalu, para staff memutuskan untuk melanjutkan seri ini. Jika di Indonesia Shinchan tayang pada hari minggu pagi dan dianggap sebagai tontonan anak hanya karena generalisasi bahwa kartun itu tontonan anak, di Jepang sendiri anime ini ditayangkan larut malam dan dikategorikan sebagai tontonan dewasa.

Sampai sekarang Crayon Shinchan memiliki 856++ episode seri, dan 23 film layar lebar,


5. Chibi Maruko-chan (981++ Episodes)

Kalau membicarakan anime ini, yang eprtama kali kepikiran oleh saya adalah lagu opening versi dub Indonesianya. Kalau kita tahu Maruko-chan sempat populer di Indonesia, ternyata di Jepang juga ia sangat terkenal.

Season pertama anime ini tayang pada tahun 1990-1992 dan sempat hiatus beberapa saat hingga akhirnya dilanjutkan kembali pada tahun 1995 hingga sekarang dan telah mencapai 981++ episode seri, 3 film layar lebar, dan seri live action yang harus kamu coba tonton.

Chibi Maruko-chan sempat meraih penghargaan “Kodansha Manga Award” di tahun 1989.

Nyari yang HD sulit sekali…


4. Hoka Hoka Kazoku (1428 Episodes)

Tayang setiap hari minggu di TV Fuji pada tahun 1976-1982 berupa animasi pendek berdurasi 5 menit.
Bisa dibilang anime ini tidak punya tema cerita yang pasti, hanya bercerita menyangkut masa modern Jepang pada saat itu.

Anime ini disponsori langsung oleh perdana menteru Jepang sebagai media informasi apa saja yang terjadi pada masa 1970-1980-an.


3. Nintama Rantarou (1823++ Episodes)

Sebelum Naruto, ketiga ninja cilik ini sudah lebih dulu menghibur kita para pecinta anime. Bahkan dulu sempat tayang di stasiun TV swasta hanya saja entah kenapa tidak begitu populer.

Anime yang bercerita tentang keseharian tiga ninja cilik yang belajar di perguruan ninja ini tayang perdana di tahun 1993-sekarang. Dan mempunyai total 1823++ episode seri, dan satu live action layar lebar.

2. Doraemon (2200++ Episodes)

Tayang perdana di tahun 1973 di TV Nippon. Namun karena kurang sukses, terpaksa penayangannya diberhentikan. Kemudian di tahun 1979 kembali ditayangkan dan meraup sukses besar. Bahkan karakter Doraemon dianggap sebagai ikon anime Jepang.

Cerita aslinya berakhir di tahun 2005 episode ke-1787, tapi kemudian dilanjutkan dengan cerita original (tidak mengikuti cerita komik) hingga sekarang dan anime ini telah menayangkan total 2200++ episode seri, dan 36 film layar lebar.

sazae-san


1. Sazae-san (9571++ Episodes)

Dan di peringkat pertama diduduki oleh anime yang tayang pertama kali di TV Fuji pada tahun 1968 dan masih tayang hingga sekarang, Sazae-san.

Bercerita tentang komedi sehari-hari keluarga Jepang modern setelah perang dunia kedua. Durasi anime ini hanya sekitar 6 menit per episode.

Sangking banyaknya episode yang dikeluarkan oleh satu judul anime ini, hingga akhirnya di nobatkan sebagai seri animasi terpanjang oleh Guiness Book of World Record di tahun 2013.

Advertisements

One thought on “10 Seri Anime Dengan Episode Terpanjang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s